Selasa, 12 Juni 2012

Galau Musnah, Lulus Kuliah

#Berani-Percaya Diri-Rendah Hati#


Pengalaman paling mengesankan berinteraksi dengan situs jejaring khususnya Facebook adalah saat proses penyelesaian skripsi Teknik Informatika. Aku tinggal di kota kecil,kuliah di kampus kecil yang sarana dan kelengkapan referensi sangat terbatas.Komunitas IT pun belum berkembang sehingga sangat kesulitan menyelesaikan skripsi dengan ideal. Tidak ada teman seperjuangan yang mengangkat tema yang sama denganku. Referensi untuk bahan skripsiku belum aku temukan  mendekati bulan ketiga deadline pengumpulan. Pasrah dan hampir pesimis. Sempat aku berpikir untuk memilih lulus tahun depan karena bahan-bahan yang aku butuhkan belum ketemu. Kakak angkatan belum pernah mengambil tema yang aku angkat. Di saat galau melanda, iseng saja aku tuliskanstatus di FB yang menanyakan adakah di antara facebookers semua yang mempunyai referensi e-learning?
Sambil membuka wall teman-teman, chating dan membaca beberapa artikel di catatan milik teman sejenak meredakan kegalauan dan kesedihanku. Malam sudah sangat larut,maka aku harus segera istirahat.
Keesokan hari saat akan browsing, aku buka FB-ku lagi. Alhamdulillah ada secercah harapan yang membuatku kembali bersemangat menyelesaikan skripsi. Satu per satu teman ada yang merespon. Teman bimbelku saat jaman SMA yang kuliah IT di Yogyakarta mengirimkan email lengkap dengan lampiran skripsi tentang e-learning. Padahal kami belum pernah bertemu lagi sejak kelulusan SMA.
Keesokan harinya, seorang yang belum aku kenal merespon statusku itu. Katanya ia mempunyai buku referensi mengenai e-learning. Ternyata ia mahasiswa semester akhir jurusan TKJ salah satu kampus dekat kampusku. Janji pun kami buat untuk bertemu di Perpustakaan Daerah, akhirnya referensi aku dapat. Ia membeli buku itu di kota Cirebon.
Proses penyelesaian skripsi berjalan dengan lancar karena ada beberapa referensi tersebut. Meskipun demikian ternyata ujian menyelesaikan skripsi datang lagi,laptop yang baru saja aku beli tidak kompatibel dengan Sistem Operasi Windows XP. Padahal aplikasi e-learning itu serinya hanya kompatible dengan Windows XP.Bingung…
Mau tidak mau aku browsing lagi mempelajari sendiri agar Moodle cocok dijalankan di Windows 7. “Hmm.. Ini akan membutuhkan banyak waktu untuk mempelajarinya”,gumamku.
Waktupun berlalu. Belum selesai aku mempraktekkan instalasi tersebut, laptopku mengalami kerusakan di layar LCD, ada tiga garis merah di bagian bawah. Hmm.. lima bulan lagi masa garansi habis. Apa yang harus aku lakukan?
Namun,ada saja jalan keluar yang diberikan Allah kepadaku. Saat online di FB, teman lama organisasi menyapa, menanyakan kabar dan nasib skripsiku.
“Apa yang aku bisa bantu nih..? Yang jelas ga disuruh ngajarin komputer ya, soalnya komputer bukan keahlianku”, ketiknya.
“Mmm,apa ya..?”, jawabku.
Aha..!Tiba-tiba aku teringat. Aku pinjam laptop ia saja. OS-nya Windows XP. Aku jelaskan kesulitanku mengenai nasib laptopku dan masa deadline pengumpulan naskah skripsi. Tak disangka ia mengijinkan laptopnya aku pinjam selama tiga bulan. 
Tiga bulan berjibaku dengan program aplikasi Moodle dan naskah skripsi. Waktu pengumpulan pun tiba. Inilah yang bisa aku lakukan, aku merasa masih banyak kekurangan, belum sempurna. Berhubung hari itu adalah hari akhir pengumpulan,maka segera aku  print laporannya hingga BAB V. Sesampainya di kampus dua pembimbing ternyata ada di tempat dan sedang rapat.
Kuhela napas yang tersengal-sengal, memburu waktu yang menunjukkan 16.30 WIB. Sambil merenung dan berdoa, aku pasrahkan semuanya pada Allah. Pukul 17.00 rapat selesai, aku masuk menemui Pembimbing I dan II. Aku tunjukkan hasil kerjaku. Alhamdulillah mereka berdua menyetujui. Besok bisa mendaftar untuk ujian skripsi.
“Setelah kesulitan, ada dua kemudahan”. Kalimat itu selalu aku ingat dalam benak. Setiap kali berangkat ke kampus selalu aku ulang dalam hati bahwa aku harus lulus S1 pada tahun itu dengan IPK lebih dari 3,5. Itu adalah target pribadiku, tidak peduli apakah teman-temanku lebih baik dariku atau tidak. Maka, memang ada kemudahan di balik kesulitan. benar-benar aku buktikan!
Akhir kesudahan yang baik. 4 Januari 2010 aku wisuda Teknik Informatika lulus dengan IPK 3,64. Alhamdulillah targetku terpenuhi. Dan yang membuat aku terperangah serta tak menyangka adalah ternyata aku menjadi mehasiswa terbaik kala itu. Padahal menurutku skripsiku masih jauh dari sempurna, dan masih banyak teman-temanku yang lain membuat skripsi yang super brilliant.
Hilang sudah rasa penat yang selama enam bulan lebih aku tanggung untuk menyelesaikan skripsi. Kurangnya referensi, laptop bermasalah seakan hilang karena bantuan teman-teman yang tadinya jauh seakan dekat dengan Situs Jejaring Facebook.
Ada beberapa Tips dari  saya untuk mencapai kesuksesan dengan bantuan situs jejaring :
1.Hindari menulis status berupa umpatan, keluh kesah atau hal negatif lainnya.Misalnya seperti ini : “Ihh.. bete buanget, lepi ngadat, skripsiku molor deh…”
Status itu diibaratkan dengan doa. Orang-orang yang membaca status kita secara tidak langsung semakin memperkuat hal itu, skripsi bisa benar-benar molor. Jangan sampai deh!
2.Gunakan kata-kata yang optimis, seperti : “Semoga lepiku lekas sembuh ya… Biar skripsiku jalan terus dan lulus dengan IPK memuaskan. ^_^ ”
Kata Prof. Yohanes Surya dalam bukunya “Mestakung”. Artinya adalah Semesta Mendukung. Apa yang kita pikirkan dan ucapkan itu akan kembali kepada kita dan mendapat dukungan dari alam semesta. Entah itu baik atau buruk.
3.Tuliskan status yang meminta umpan balik atau pendapat dari teman-teman. Misalnya : “Eh, ada yang tau cara install Moodle di Windows 7? Aku lagi kesulitan nih…”

Tulisan ini lolos Sayembara Kepenulisan "Menghalau Galau Lewat social Media" yang diselenggarakan oleh BelajarMenulisGratis.com (BMG), 31 Mei 2012.

--Terima kasih buat para pembimbing (Pak Bangkit dan Pak Andi),teman-teman (Fadya, Chanif, Mas Zam) yang telah membantuku menyelesaikan skripsi..^_^ 
--Mengenang masa lalu, bejibaku dengan program komputer, literatur dan bimbingan.. "Semangat selesaikan tesis ya...! Semoga ilmunya benar-benar bermanfaat untuk agama dan bangsa di dunia dan akhirat..^_^", kata hatiku. (he he)
--Buat yang lagi menyelesaikan TA maupun skripsi, keep spirit, kalian pasti bisa!!
--Buat yang sudah lolos ujian TA maupun skripsi, saya ucapkan,"Barakallah... Selamat menatap masa depan yang jauh lebih cerah..^_^"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekilas Perjalanan Haji 1431 H 2010 M Part I

#Berani-Percaya Diri-Rendah Hati# Yaaah.. itulah hidup yang kurasa bagaikan mimpi. Sekejap terjadi begitu saja.. Banyak hal yang tidak bisa...