Jumat, 04 Desember 2020

Sekilas Perjalanan Haji 1431 H 2010 M Part I

#Berani-Percaya Diri-Rendah Hati#

Yaaah.. itulah hidup yang kurasa bagaikan mimpi. Sekejap terjadi begitu saja.. Banyak hal yang tidak bisa kubayangkan dengan akal sehat. Perjalanan ke tanah suci yang kulalui dimulai tanggal 5 November - 17 Desember 2010 sungguh di luar akal sehatku. Bermula dari keinginan yang terbesit kuat saat mendapatkan materi Haji di Halaqah tahun 2007. Selang waktu berlalu,2008 ibuku menawariku untuk membuka tabungan Haji. Aku sih.. fine2 aja, entah kapan aku berangkat, yang penting nabung dulu, ya iya fine2 saja orang ditraktir ibu, he he.

Waktu itu aku beranggapan bahwa mungkin aku akan pergi Haji nanti setelah berkeluarga. Eh, ternyata anggapan itu meleset. Berawal sebelum keberangkatan Ayah dan Ibu ke tanah suci, ibuku segera memenuhi 20 juta agar mendapat kursi di pesawat. Saat itu belum musim yang namanya Dana Talangan Haji, sehingga tidak ada daftar tunggu yang lama jika dibandingkan saat mendaftar baru-baru ini. Wuah.. antriannya sampai lima tahun. Kasihan ya..yang sudah sepuh, keburu rindu tuh dengan Ka'bah.

Nah, setelah porsi kursi bisa didapat. Ibuku menyarankan aku agar segera mengurus administrasi dan pendaftaran Haji. Okelah..nanti pas Bapak/Ibu sudah berangkat. Saat itu mengurusi persiapan Bapak/Ibu berangkat Haji dulu.

Tibalah saat Ayah/Ibu berangkat. Setelah mengantar keberangkatan mereka aku pulang ke rumah. Berarti aku aku hanya tinggal berdua dengan adik laki-laki. Hmm... ada rasa senang ditinggal sebulan oleh Bapak/Ibu he he aku ingin merasakan hidup nge-kost. Ingin merasakan saat kuliah, cari makan sendiri, mengatur keuangan (jatah uang saku), bersosialisasi dengan tetangga lebih intens ketimbang saat ada orang tua plus mengurusi adikku yang saat itu sedang duduk di kelas 1 SMK. Wah..wah.. ternyata puyeng juga ya..tapi nikmat dan puas bisa hidup mandiri.. Yes aku bisa..meskipun dengan banyak kekurangan, ada ribut-ribut kecil dengan adik di tengah-tengah pekerjaan rumah yang menumpuk, si adik ga membantu. Tuing2. Oo.. beginilah rasanya jadi ibu rumah tangga.:p

Ups..lanjut ke episode yang menentukan keberangkatanku ku tanah suci. Beberapa hari setelah keberangkatan Bapak dan Ibu. Aku mengurus administrasi ke Kementrian Agama Kota Tegal yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekilas Perjalanan Haji 1431 H 2010 M Part I

#Berani-Percaya Diri-Rendah Hati# Yaaah.. itulah hidup yang kurasa bagaikan mimpi. Sekejap terjadi begitu saja.. Banyak hal yang tidak bisa...